Penjernih air agar lebih tahan lama dan tetap menghasilkan air yang bersih maka perlu dilakukan perawatan secara berkala dan bertahap sesuai dengan kondisi air bakunya. Anda bisa lakukan sendiri atau bisa juga dengan cara kontak petugas pelayanan service dari perusahaan penyedia filter penyaring air.

Perawatan filter sangat bergantung pada kondisi air baku yang disaring dan kualitas media yang digunakannya, kondisi air baku dengan kandungan logam yang tinggi membutuhkan perawatan yang lebih begitu juga dengan kualitas media yang rendah akan lebih ekstra dalam perawatannya.

Cara Mencuci Filter Catridge

Perawatan Filter Penjernih Air

Dibawah ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam perawatan unit penyaringan air anda agar awet dan berdaya tahan lama.

1. Perawatan Service Rutin.

Kunci perawatan terletak pada handel kepala penyaring yang memiliki 3 lubang inlet dan outlet, perawatan service rutin bisa anda lakukan secara berkala dengan rentang waktu perminggu atau perbulan sekali sesuai dengan kondisi air baku anda yaitu dengan cara:

  • Backwash ( Pencucian ): Pastikan tanki penampungan atau tanah cukup air untuk proses pencucian media filter penjernih air , dengan cara geser handel kepala filter pada posisi backwash, lakukan backwash sampai air benar-benar bersih tidak kuning dan berbau,
  • Fastrine : fastrine adalah pembilasan untuk membersihkan sisah kotoran yang ada pada unit penyaring atau bisa juga sebagai kontrol kualitas hasil filterisasi. Untuk hasil yang maksimal anda bisa lakukan backwash dan fastrinse secara berulang-ulang 4 atau 5 kali.
  • Filter : Setelah proses fastrinse dan air sudah benar-benar bersih tidak berbau lagi maka geser handel kepala filter pada posisi filter atau service, maka air akan masuk mengalir pada instalasi rumah anda.

2. Perawatan Service Tahunan.

  • Perawatan service tahunan disebut juga service besar, pada proses ini sebaiknya dikerjakan oleh tehknisi khusus filter air karna pada proses ini media filter dikeluarkan untuk dicuci dan diaktifkan kembali dengan cairan khusus.

3. Penggantian Media Filter.

  • Penggantian media filter saringan air bersih dilakukan antara 2 sampai 3 tahun sekali, dilakukan oleh teknisi filter air tempat anda membeli filter penyaring atau oleh teknisi yang lain.

Dengan melakukan perawatan unit filter penjernih air secara tepat dan berkala diharapkan kinerja unit penyaringan dapat bekerja maksimal dan tahan lama. Untuk perawatan lebih optimal, ada baiknya juga Anda mempercayakan pada jasa filter air profesional, hubungi kami untuk penanganan lebih lanjut.

WhatsApp Info & Pemasangan